Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
selamat datang di............. "di BLOG DUNIAKU 54 PERSEN....................AKU DAN DUNIAKU.......salam cinta dan salam damai"

Jumat, 10 Februari 2012

Pengertian IP dan DNS

Kalau sebelumnya tadi kita sudah membahas mengenai TCP/IP. sekarang kita akan membahas mengenai IP dan DNS.

Definisi IP dan DNS
IP address (IP) adalah suatu penanda yang digunakan oleh sebuah mesin atau node agar orang dapat mengakses mesin atau node tersebut.

IP address ini terdiri dari angka-angka yang banyak namun agar dapat di ingat dengan mudah oleh manusia maka ip address ini di standarisasi dengan 4 angka yang di pisahkan oleh tanda titik (IPv4).
Bagi orang yang mengerti apa itu binary, setiap angka didalam format ip address merupakan 8 bit binary dari range 0-255 yang digunakan oleh 32 bit. Ip address ini juga dapat di analogikan atau di umpamakan sebagai kode pos dari sebuah alamat.

DNS (Domain Name Server) adalah sebuah server atau mesin yang bertugas seperti server atau mesin lainnya di dunia internet namun memiliki tugas yang lebih spesifik untuk mengatur domain name.
Tujuan dari DNS server ini adalah untuk mentranslasikan domain name (alamat di internet) ke dalam IP Address (kode pos).

agaimana DNS (Domain Name Server) bekerja ?

1. ISP atau Internet Service Provider yang anda gunakan harus mempunya sebuah DNS cache, DNS cache ini adalah daftar dari IP address yang telah di peroleh sebelumnya untuk berbagai macam nama domain. Jadi nama domain yang pernah di kunjungi tidak perlu di lookup atau di list ulang apabila tidak terjadi perubahan IP Address. Sebagai contoh apabila sebuah domain yang belum pernah di kunjungi akan di kunjungi oleh pengguna ISP tersebut maka DNS ISP tersebut akan melihat jenis domain apa yang akan di kunjungi kemudian DNS tersebut akan meminta informasi dari top level DNS yang tersebar di seluruh penjuru dunia untuk mendapatkan ip address yang berhubungan dengan domain yang di minta, kemudian top level DNS akan memberikan IP address yang berhubungan dengan extensi domain yang di butuhkan.

2. DNS ISP kemudian akan meminta informasi “name servers” yang berhubungan dengan nimhost.com dari mesin yang memberikan informasi IP address (”.com” DNS) dan akan mengembalikan 2 sampai 7 “name servers” dimana mesin tersebut memiliki informasi tentang nimhost.com. Dari sini akan di terima beberapa name server yang digunakan oleh nimhost.com dan memiliki informasi tentang nimhost.com, yaitu “NSET128027.EARTH.ORDERBOX-DNS.COM 67.15.47.188?, “NSET128027.MARS.ORDERBOX-DNS.COM 66.249.5.122?, “NSET128027.MERCURY.ORDERBOX-DNS.COM 67.15.253.251?, “NSET128027.VENUS.ORDERBOX-DNS.COM 74.54.56.236?.

3. Diumpamakan yang pertama yang diterima yaitu “NSET128027.EARTH.ORDERBOX-DNS.COM 67.15.47.188?, maka DNS ISP akan meminta informasi “www” untuk nimhost.com dan mendapatkan ip address “64.85.162.53?. DNS ISP sekarang mengetahui mesin yang digunakan untuk melayani website www.diditrinjano.com.

4. Halaman web www.diditrinjano.com di minta dari mesin yang memiliki ip address 64.85.162.53 dan mesin tersebut menjawab dengan memberikan halaman yang di minta.  
Teman Teman Sedang Membaca Sebuah Artikel Whesata Blog Tentang Pengertian IP dan DNS Teman Teman Bisa Menemukan Artikel Pengertian IP dan DNS Ini Melaui URL Berikut http://www.diditrinjano.com/2011/12/pengertian-ip-dan-dns.html, Silahkan Copy Paste Artikel Pengertian IP dan DNS Ini, Jika Menurut Teman Teman Artikelnya Menarik dan Bermanfaat, Namun Jangan Lupa Untuk MencantumkanPengertian IP dan DNS sumbernya yaa ^_^.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi Per-Catagori

Daftar Isi Per-Label

Loading...

Imagenya Kawan

Jadwal Sholat Waktu Indonesia

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes